Minggu, 17 Maret 2013

PEMANTAUAN KEDUA (P2) PROGRAM ADIPURA DI JAWA BARAT TAHUN 2013 MULAI DILAKUKAN

Pemantauan kedua (P2) Program Adipura untuk wilayah Jawa Barat telah dimulai. P2 dimulai pada awal bulan Maret 2013. Untuk kota metro dan kota besar dilakukan lebih awal sedangkan kota sedang dan kota kecil dilakukan pada 13 maret 2013 mendatang.

Dasar program Adipura adalah adanya kesadaran dan semangat serta keterlibatan secara aktif partisipasi masyarakat dan stackholder lingkungan, untuk mewujudkan kota yang bersih dan hijau, yang bukanlah semata-mata karena kegiatan kebersihan yang dilakukan secara formal dan rutinitas belaka oleh para petugas kebersihan dan pertamanan.
Lingkup kerja program Adipura dalam kurun waktu ini difokuskan pada upaya untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi kota bersih dan “Teduh atau Clean and Green City” menuju Jawa Barat Berseri. Program Adipura di prioritaskan pada lingkungan perkotaan yang terdiri atas dua kegiatan pokok yaitu :
a. Pemantauan dan evaluasi kinerja pengelolaan lingkungan perkotaan berdasarkan pedoman dan kriteria yang ditetapkan, untuk menentukan peringkat kinerja kota-kota di Indonesia khususnya Jawa Barat.
b. Peningkatan kapasitas pemerintah daerah dalam pengelolaan lingkungan perkotaan.
Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan oleh kab/kota di Jawa Barat :
1. Permukiman
 2. Jalan 
3. Pasar 
4. Pertokoan
5. Perkantoran                          
6. Sekolah
7. Rumah Sakit/ Puskesmas      
8. Terminal
9. Hutan Kota & Taman Kota 
10. Stasiun KA
11. Sungai & Saluran terbuka 
12. TPA
13. Bank Sampah
Cianjur adalah salah satu kota yang harus mempertahankan Piala Adipura  dengan kategori kota sedang. Pemantauan kedua (P2) ke Kota Cianjur dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2013.