Selasa, 04 Desember 2012

Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2012 di Cianjur

Bupati Cianjur Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM., menghadiri Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Tahun 2012 serta Peringatan Satu Tahun Car Free Day di Kab. Cianjur Minggu (02/12/12). Bertempat di Jl. KH. Abdullah Bin Nuh Cianjur. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Cianjur, Ketua TP PKK Kab. Cianjur, Staf Ahli Bupati, para Asisten Bidang Setda Kab. Cianjur, para Kepala SOPD, Dirut PDAM Tirta Mukti serta tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya Bupati mengatakan Hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional (HCPSN) yang ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 1993, merupakan upaya meningkatkan kepedulian dan gerakan bersama untuk mengelola puspa dan satwa nasional agar dimanfaatkan secara optimal bagi masyarakat dan negara dengan mengedepankan aspek kelestarian puspa dan satwa nasional, dalam kurun waktu 19 tahun sejak penetapan HCPSN, ancaman terhadap puspa dan satwa atau keanekaragaman hayati masih terjadi dan cenderung meningkat. 

Selanjutnya Bupati menyampaikan salah satu dampak negatif dari kegiatan pembangunan adalah hilang atau berkurangnya keanekaragaman hayati, namun pembangunan harus terus berjalan dan dilaksanakan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, marilah kita bersama-sama melaksanakan program pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Bupati berharap melalui kegiatan HCPSN ini dapat mempublikasikan potensi puspa dan satwa serta keanekaragaman hayati, mendorong berbagai pihak untuk melakukan upaya penyelamatan, perlindungan dan pemanfaatan puspa dan satwa nasional di Kab. Cianjur; memperkuat kemitraan baik dengan pemerintah pusat, pemerintah Kabupaten/Kota lain, lembaga penelitian, lembaga pendidikan dan lembaga atau asosiasi lain yang terkait dengan keanekaragaman hayati, serta menginventarisasi dan mensosialisasikan upaya yang telah dilakukan oleh berbagai pihak dalam penyelamatan, perlindungan dan pemanfaatan potensi puspa dan satwa di Kab. Cianjur.

Sementara itu, terkait dengan Peringatan Satu Tahun Car Free Day di Kab. Cianjur Bupati mengharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran warga Cianjur, tentang pentingnya udara bersih, segar, sehat dan bebas polusi serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk secara bersama-sama menanggulangi masalah pencemaran udara, yaitu dengan mengurangi ketergantungan pada kendaraan bermotor atau membiasakan diri berjalan kaki atau bersepeda untuk keperluan jarak dekat.

Seusai pelaksanaan acara pokok, kegiatan dilanjutkan dengan pengundian kupon berhadiah. Bupati Cianjur serta Kapolres Cianjur mengundi Kupon yang berhadiah satu unit sepeda santai. Selanjutnya bupati serta tamu undangan melaksanakan penebaran benih ikan di sungai sekitar lokasi kegiatan. (AND2,/ras)
Sumber >>